Cara Praktis Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Dengan kemajuan teknologi, sekarang karyawan tak perlu lagi harus selalu hadir di kantor untuk mengerjakan pekerjaannya. Sekarang ini, semakin banyak karyawan yang memanfaatkan perangkat mobile beserta beragam aplikasi pendukung untuk mengerjakan pekerjaannya dari luar kantor.

Mengapa semakin banyak karyawan yang memilih untuk mengerjakan tugasnya dari luar kantor? Fleksibilitas serta efisiensi menjadi sejumlah alasannya. Dengan bekerja secara mobile, para pekerja bisa lebih memaksimalkan penggunaan waktunya untuk menyelesaikan tugasnya dengan lebih cepat. Sebagai catatan, pada tahun 2016 tercatat 38,8 persen dari angkatan kerja saat ini telah bekerja secara mobile dan diprediksi akan mencapai 42,5 persen pada tahun 2022.

Berkat kemajuan teknologi pula kolaborasi bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka satu sama lain secara langsung. Tersedianya aplikasi-aplikasi teleconference maupun video conference, kolaborasi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Seluruh kemudahan tersebut juga kini diintegrasikan dan tersedia secara lengkap melalui Unified Communication.

Unified Communication (UC) pada dasarnya adalah sebuah layanan komunikasi bisnis yang mengintegrasikan berbagai layanan komunikasi seperti instant messaging, voice call, dan video call.

Unified Communication (UC) memanfaatkan cloud untuk menghadirkan berbagai layanan sebagai berikut:

1. Cloud PABX
PABX lazim digunakan di korporasi sebagai jaringan komunikasi antar karyawan saat berada di dalam kantor. Dengan tren bekerja secara mobile, kini nomor ekstensi PABX yang biasanya hanya ada di telepon konvensional maupun IP-Phone juga bisa diintegrasikan ke nomor selular. Dengan begitu, setiap panggilan yang masuk ke PABX juga bisa dialihkan ke nomor seluler saat karyawan sedang bekerja mobile. Karena menggunakan basis cloud, maka kapasitasnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan korporasi.

2. Call-Center
Bagi korporasi yang memiliki layanan call-center, penggunaan Unified Communication (UC) juga bisa menyederhanakan solusi call-center konvensional. Bahkan, proses implentasi call-center berbasis Unified Communication ini bisa dilakukan dengan lebih cepat dan sederhana namun tetap menawarkan kelengkapan fitur yang dimiliki oleh call-center seperti kemampuan hunting, call distribution, agent management, dan lain-lain.

3. Cloud Collaboration
Yang tak kalah penting, Unified Communication (UC) juga bisa membantu karyawan dalam melakukan kolaborasi antar kolega. Dengan integrasi voice call dari berbagai protokol, kolaborasi dengan beberapa orang sekaligus bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efektif meskipun para karyawan tersebar di lokasi yang berbeda-beda.

Dengan berbagai keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan, Unified Communication (UC) bisa menjadi solusi yang tepat untuk menyediakan sebuah platform komunikasi bagi korporasi. Dari sisi biaya, Unified Communication (UC) bisa mengurangi capital expense serta mengurangi biaya perawatan.

Sedangkan dari sisi operasional, Unified Communication (UC) memiliki tingkat kecepatan implementasi yang lebih baik serta dapat membantu meningkatkan produktivitas dengan memudahkan karyawan dalam berkomunikasi sembari mendukung mobilitas mereka dalam bekerja.

Indosat Ooredoo Business berkomitmen untuk membantu korporasi dalam meningkatkan produktivitas kayawan sekaligus meningkatkan efisiensi perusahaan dengan menyediakan layanan Unified Communication (UC) berbasis cloud yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing korporasi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai keunggulan solusi Unified Communication (UC) dari Indosat Ooredoo Business dan bagaimana layanan ini bisa meningkatkan bisnis Anda, info lebih lanjut:

Unified Communication

Info Lengkap